Jumat, 20 Mei 2011

KOMUNIKASI

PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi diartikan sebagai proses pemindahan dalam gagasan atau informasi seseorang ke orang lain. Komunikasi dapat menghubungkan antar bagian yang berbeda atau disebut rantai pertukaran informasi. Hal ini mengandung unsur-unsur : 
1.       Sebagai kegiatan untuk seseorang mengerti  
2.       Sebagai sarana pengendalian informasi  
3.       Sebagai sistem bagi terjalinnya komunikasi diantara individual-individual



PROSES KOMUNIKASI
1.       KOMUNIKASI PRIBADI
Model ini adalah yang paling sederhana . model ini memiliki elemen pengirim, berita dan penerima  dimana jika salah satu hilang, tidak akan terjadi komunikasi.
2.       KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
A.      Jalur komunikasi formal
B.      Struktur wewenang
C.      Spesialisasi jabata
D.      Pemilik informassi

BENTUK KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
1.       Komunikasi Vertikal
Adalah komunikasi ke atas dan atau ke bawah dalam rantai komando.
2.       Komunikasi Lateral atau Horizontal
Adalah pola aliran kerja dalam organisasi yang terjadi antara anggota-anggota kelompok kerja yang sama dan di antara departemen-departemen pada tingkat organisasi yang sama.
3.       Komunikasi Diagonal
Adalah komunikasi yang memotong secara silang diagonal rantai perintah organisasi dan merupakan hasil hubungan antara departemen lini dan staf

HAMBATAN TERHADAP KOMUNIKASI

1.       HAMBATAN ORGANISASIONAL :
A.      Tingkat hirarki
B.      Wewenang manajeral
C.      Spesialis
2.       HAMBATAN ANTAR PRIBADI
A.      Persepsi selektif
B.      Kedudukan komunikator
C.      Keadaan membela diri
D.      Pendengaran lemah
E.       Ketidak tepatan penggunaan bahasa

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar